Selasa, 13 November 2012

Bahasa Ontology

Hey guys  jumpa lagi nich.hehehehe......lama ga posting-posting .pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu bahasa ontology.perlu anda ketahu bahasa ontology adalah bahasa yang digunakan pada saat pembutaan script script xml.Untuk  dapat  digunakan,  sebuah ontology harus diekspresikan  dalam notasi yang nyata.  Sebuah bahasa ontology adalah sebuah bahasa formal dari sebuah pembuatan ontology.   Beberapa  komponen  yang  menjadi  struktur ontology, antara lain :

XML

Menyediakan sintaksis untuk  output  dokumen terstruktur, tetapi  belum dipaksakan  untuk  dokumen XML menggunakan  semantic  constrains.

XML Schema

Bahasa untuk  pembatasan struktur dari dokumen XML.


RDF

Model data  untuk  objek  ('resources' )  dan  relasi  diantaranya, menye- diakan  semantic  yang sederhana  untuk  model data  tersebut, dan  data model ini dapat  disajikan dalam sintaks XML.

RDF Schema

Adalah  kosa kata  untuk  menjelaskan  properties  dan  classes  dari  sum- ber RDF,  dengan  sebuah  semantics  untuk  hirarki  penyamarataan dari properties  dan classes.






OWL


Manambahkan beberapa  kosa  kata  untuk  menjelaskan  properties   dan Classes, antara lain : relasi antara classes (misalkan  disjointness ), kar- dinalitas  (misalkan  'tepat satu'), equality, berbagai  tipe dari properties, karakteristik dari  properties   (misalkan symmetry ),  menyebutkan satu persatu  classes.

Berbagai  bahasa  yang dijelaskan  di atas  akan  dijelaskan  kembali pada section berikutnya secara terperinci.
Berbagai bahasa  yang menyusun  ontology, seperti yang telah dijelaskan di atas  memiliki kedudukan  tertentu dalam struktur ontology. Struktur layer ontology  ditunjukan seperti  gambar  2.7.   Setiap  layer  akan  memiliki fungsi tambahan dan kompleksitas tambahan dari layer sebelumnya.  Pengguna  atau User yang memiliki fungsi pemrosesan  layer paling rendah  dapat  memahami walaupun  tidak  seluruh ontology yang terletak  di layer atasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

LET'S COMMENT